Logo Miraculum Mundi

Produk My Miracle World

Jumat, 03 Juni 2011

JAMU 11 - Traditional Medicine in Indonesia - Lumpang Jamu Batu

JAMU 11 - Traditional Medicine in Indonesia - Lumpang Jamu Batu




Lumpang batu


Lumpang batu megalitik di kecamatan Gunung Megang, Muara Enim, Sumatera Selatan 
(foto diambil tahun 1931)


Lumpang batu merupakan bejana yang terbuat dari batu untuk menumbuk padi, kopi ataupun bahan makan lainnya. Alu adalah alat penumbuknya yang terbuat dari kayu dengan bagian tengah yang mengecil untuk pegangan. Pesatnya mekanisasi pertanian membuat lumpang tidak lagi populer namun sesekal masih digunakan untuk menumbuk singkong dalam proses pembuatan getuk.
Lumpang sangat banyak ditemui di desa-desa di pulau Jawa karena batu andesit yang merupakan bahan baku alat ini dan juga candi-candi banyak ditemukan di sungai-sungainya. Sedangkan penduduk di pulau lain biasanya menggunakan lesung karena lebih mudah mendapatkan kayu daripada batu andesit.
Dari beberapa penggalian purbakala diperoleh kesimpulan bahwa lumpang batu telah ada sejak zaman prasejarah. Lumpang batu purba diantaranya ditemukan di Kabupaten Lima Puluh Kota - Sumatera Barat, Kabupaten Soppeng - Sulawesi Selatan.

 Pranala luar


http://id.wikipedia.org/wiki/Lumpang_batu   




PARADE LESUNG BATU/LUMPANG



Berbagai bentuk Lesung/lumpang batu yang dipergunakan sehari hari oleh masyarakat kita pada jaman dulu untuk menghaluskan biji kopi, pala, beras, jagung dsb
Bahan batu yang dipergunakan sangat solid/keras,dan ukuran masing2 lesung juga cukup besar,sekitar 45 x 45 x 35 cm,dengan berat lebih dari 50 kg

http://tamankawakkawak.blogspot.com/2009/12/parade-lesung-batulumpang-kawak.html    



Lesung batu

Lesung batu.
Lesung batu merupakan lesung yang diperbuat daripada batu yang sering digunakan pada suatu masa dahulu bagi menumbuk ramuan untuk memasak. Ia merupakan satu kemestian bagi setiap rumah untuk memilikinya, dan sering kali digunakan bagi menumbuk antara lain, sambal belacan.
Penggunaannya mudah, cepat dan tidak memerlukan kuasa eletrik. Ia juga boleh dijadikan senjata.

http://ms.wikipedia.org/wiki/Lesung_batu



Lesung Batu

Lesung batu diperbuat daripada batu tunggal (monolith). Ia mempunyai anak batu yang digunakan sebagai penumbuk dan bekas penumbuk yang lompang dipanggil ibu. Ianya digunakan untuk menumbuk bahan dalam kuantiti yang sedikit seperti cili, rempah, kacang dan kerisik untuk kegunaan harian.


http://malaysiana.pnm.my/Alat%20Tradisonal/dapur_lesungbatu.htm    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar